Rabu, 12 Mei 2010

Pesona Wisata Air Terjun Bagandah Kabupaten Tapin

RANTAU, Nampaknya selain wisata religius. Kabupaten Tapin juga memiliki potensi wisata lainnya yang pada umumnya wisata jenis ini menjadi sasaran tujuan warga perkotaan yang biasa hidup dalam hiruk pikuk kebisingan dan kesibukan dalam beraktifitas sehari-hari.

Air terjun Bagandah, salah satu potensi wisata di Kabupaten Tapin yang tergolong masih alami. Letaknya di desa Batung kecamatan Piani Kabupaten Tapin. Air terjun ini di kelilingi oleh hutan tropis kalimantan Selatan.

Untuk kelokasi air terjun Bagandah, infrasrtuktur jalan saat ini sebagian sudah mendukung. Diantaranya wisatawan bisa melalui badan jalan Trans Kalimantan Batu Licin-Kandangan yang menurut pengalaman penulis pada jalan tersebut lebih mudah dilalui ketimbang melalui jalan lain. Pasalnya, kondisi jalan selain itu, saat ini belum mendukung seluruhnya. Dikarenakan belum diaspal sebagian. Meskipun demikian, pesona air terjun Bagandah dipastikan dapat mengobati perjalanan yang terasa melelahkan saat melintasi jalan terjal yang mungkin menjadi jalur yang cukup sulit bagi orang yang berusia relatif tua.

Betapa tidak terobati, jika wisatawan usai melalui jalan yang terjal setibanya dilokasi langsung dihadapi oleh keindahan panorama alam yang masih alami. Beristirahat sejenak lepaskan lelah dengan ditemani alunan ritme mesra alam oleh gemericik air yang mengalir diatas bebatuan menciptakan instrument nada alami yang berkaloborasi dengan lambaian dedaunan yang diterpa angin. Ranting pohon nampak terlihat menari di belataran hutan tropis Kalimantan Selatan Kabupaten Tapin yang terdinding diantara hijaunya perbukitan. Disamping air yang mengalir, di lokasi tersebut wisatawan dapat menyaksikan keindahan alam sekitar berupa batu-batuan gunung yang kokoh menjulang.

Patut disayangkan potensi alam ini jika tidak dikembangkan oleh pemerintah daerah. Pasalnya, dari sudut panorama dan lokasi wisata air terjun Bagandah boleh dikatakan dengan puncak pass Bogor. Perbedaannya kalau puncak pass yang dibawah kaki gunung Gede, terhampar kebun teh dan jalan lintas luar kota antara Jakarta dan Bandung. Juga dipuncak terdapat villa dan losmen, yang dilokasi tersebut ada Taman Raya Cibodas, Istana Presiden Cisarua dan Taman Safari. Tak heran rata-rata, pada umumnya pekerja mulai dari karyawan, bos dan pejabat saat liburan kerja meluangkan waktu mengunjungi puncak sambil berekreasi dan beristirahat bersama keluarga dan rekan bisnisnya di villa.

Nah, seandainya pemerintah daerah Tapin membuat rencana pembangunan di titik lokasi tersebut. Seperti membangun Pendopo dan kediaman Bupati di lokasi tersebut, terus membangun kebun binatang sebagai pelestarian satwa dan membangun taman hutan yang dikemas wisata tracking dan panjat tebing, villa tempat perisitirahatan dan perhotelan. Mmmmmmm….. betapa indahnya Kabupaten Tapin dengan pesona panorama Bagandahnya diatas puncak kaki gunung Meratus Desa Batung Kecamatan Piani. Tentunya, setiap pekerja mulai dari karyawan, PNS, pejabat, pengusaha memanfaatkan waktu libur berekreasi di lokasi tersebut.

1 komentar:

  1. tambah fotonya dong bank....biar tau keindahan air terjun bagandahnya

    BalasHapus